fbpx

Menangkal Hoax Dengan Media Sosial

Menangkal Hoax dengan Media Sosial

Akhir-akhir ini banyak hoax yang tersebar di masyarakat dan sangat merashkan. Di masa pandemi seperti ini infomasi kesehatan sangatlah dibutuhkan oleh masyarakat, namun terkadang oknum-oknum tertentu menyebarkan berita yang belum tentu kebenarannya hanya untuk mendapatkan perhatian masyarakat. Fenomena ini sangat meresahkan masyarakat dengan informasi yang tidak dapat dipastikan kebenarannya. Banyak hoax yang tersebar melalui grup Wattsapp yang kemudian menyebar ke khalayak luas sehingga berita yag belum dikonfimasi kebenarannya sudah terlanjur tersebar luas ke masyarakat. Tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan teknologi yang semakin berkembang secara tidak langsung turut serta mempengaruhi perilaku sosial masyarakat Indonesia khususnya pengguna media social. Kehadiran media sosial sebagai wadah berbincang dan bertukar informasi antara satu dengan yang lain tentu memberikan dampak yang sangat positif, namun disisi lain, media sosial juga menjadi arena bagi penyampaian opini, ujaran penuh kebencian (hate speech), dan juga berita-berita palsu (hoax). Hoax adalah istilah untuk menggambarkan suatu berita bohong, fitnah, atau sejenisnya.

Perkembangan teknologi informasi turut serta mendorong penyebaran berita atau informasi hoax, di Indonesia sendiri Teknologi Informasi ikut berkembang pesat dimana pengguna internet di Indonesia saat ini berjumlah sama dengan 61,8 persen dari total populasi pada Januari 2021. Angka ini juga meningkat 10 juta, atau sekitar 6,3 persen dibandingkan tahun lalu. Ketua Masyarakat Indonesia Anti Hoax (MIAH) Septiaji Eko Nugroho mengimbau media sosial dimanfaatkan untuk hal-hal yang sifatnya sinergis dan edukatif. Untuk itu dia getol melakukan gerakan nasional anti hoax ke seluruh Indonesia.

Fenomena hoax itu sendiri bisa dapat disikapi melalui perilaku dari masyarakat itu sendiri, yaitu masyarakat diharapkan cerdas dalam menggunakan teknologi dengan bijak menyikapi setiap informasi yang beredar, ketika menerima informasi melalui media sosial yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengecek literasi kebenaran berita tersebut, dan apabila informasi yang diterima pada kenyataannya hanyalah sebuah hoax baiknya masayarakat tidak menyebarkan atau membagikan informasi tersebut.

Untuk mencegah anda terutama para pelaku usaha menerima maupun menyebarkan berita hoax, anda memerlukan jasa (salah satunya Ayudia Advertising) untuk membantu anda menyaring berita-berita yang beredar di masyarakat. Agar usaha anda tetap aman dari pemberitaan yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya sehingga customer anda tetap setia menggunakan produk/jasa yang anda tawarkan. Ayudia advertising membantu anda dalam mengelola sosial media maupun website anda agar informasi yang nantinya anda sebarkan melalui media sosial sudah terbukti kebenarannya. Terima kasih.

Tim kami siap membantu anda. Apakah ada yang ingin ditanyakan?
CS AyudiaAdvertising
Admin
Online
Halo, Ada yang bisa kami bantu?