fbpx

Apa Itu Sosial Media Organic?

sumber: freepik

Salah satu strategi pemasaran yang sedang popular dalam era digital saat ini adalah pemasaran media sosial organik. Dengan fokus pada pembuatan konten yang menarik dan berkualitas, pemasaran media sosial memiliki potensi untuk membangkitkan minat konsumen secara lebih efektif.

Pengertian Sosial Media Organic

Sosial media organic merupakan bagian dari digital marketing yang menggunakan platform atau media sosial untuk meningkatkan branding penjualan produk.

Kata “organic” dalam konteks ini mengacu pada pemasaran melalui media sosial yang tidak melibatkan pembayaran atau iklan berbayar. Ini berlaku khusus untuk konten yang diposting pada platform media sosial yang lebih bersifat pribadi dan bukan berfokus pada bisnis .Di sisi lain, media sosial organic untuk bisnis benar-benar bertujuan untuk menarik perhatian konsumen tanpa dukungan iklan berbayar.  

Manfaat sosial media organic

1.     Konsistensi

Menerbitkan konten secara teratur akan membangun citra merek yang khusus di mata       konsumen. Melalui akun tersebut, konsumen akan mengetahui produk apa yang tersedia. Bahkan, bisa juga menjadi solusi bagi permasalahan konsumen, yang membuat mereka tertarik untuk membeli.

2.   Meningkatkan Kesadaran Merek

Konten yang diterbitkan secara berkala dan diposting saat audiens sedang aktif adalah bagian yang terlihat dalam aliran pengikut. Semakin sering konten muncul di linimasa, semakin besar peluangnya untuk meningkatkan kesadaran audiens terhadap merek tersebut.

Untuk merek yang masih baru, ini sangat penting karena dapat memicu rasa ingin tahu untuk mencoba produknya. Memamerkan konten yang unik dan berkualitas tinggi secara teratur tentu akan mendapatkan apresiasi dari audiens, mendorong mereka untuk membeli produk tersebut.

 3.  Efektif

Media sosial dengan konten organik sangat efisien jika akun bisnis sudah memiliki banyak pengikut. Dalam konteks logis, semakin banyak pengikut yang dimiliki akun, semakin banyak audiens yang akan melihat kontennya.

Tetapi, bagi merek yang baru dengan sedikit pengikut, ini bukanlah hambatan, karena konten yang viral, menarik, dan berkualitas akan secara alami menarik audiens ke akun tersebut.

Perbedaan Sosial Media Organic dan Anorganik

Social Media Marketing Organik adalah pendekatan pemasaran yang tidak menggunakan iklan berbayar, fokus pada konten menarik dan koneksi dengan audiens yang ada. Kelebihannya adalah biaya rendah, trafik yang lebih permanen, dan koneksi kuat dengan pelanggan, tetapi memiliki kekurangan berupa waktu yang lama untuk mencapai tujuan, jangkauan terbatas pada pengikut media sosial, dan memerlukan eksperimen yang berulang.

 Social Media Marketing Anorganik melibatkan pengeluaran untuk iklan pada media sosial, dengan keuntungan cepat dalam mendatangkan trafik, targeting yang lebih tepat, dan pencapaian tujuan yang lebih cepat. Kekurangannya adalah biaya tinggi dan kebutuhan akan keahlian dalam iklan media sosial.

Setelah memahami manfaat dari pemasaran media sosial organik yang dijelaskan dalam artikel ini, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menerapkan strategi ini untuk bisnis Anda. Jika Anda ingin menjaga konsistensi dalam konten Anda, membangun kesadaran merek yang kuat, dan membuat pemasaran media sosial menjadi lebih efektif, Ayudia Advertising adalah mitra yang tepat untuk Anda.

Sebagaimana dijelaskan dalam artikel, Sosial Media Marketing Organik membutuhkan waktu dan usaha, tetapi hasilnya sangat berharga. Dengan bantuan kami, Anda dapat merancang konten yang menarik dan sesuai dengan target pasar Anda. Kami akan membantu Anda memahami perbedaan antara Sosial Media Organic dan Anorganik, serta bagaimana mengoptimalkannya sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Jangan ragu untuk menghubungi Ayudia Advertising sekarang untuk mendiskusikan bagaimana kami dapat membantu Anda mencapai tujuan pemasaran Anda melalui pemasaran media sosial organik. Kami siap menjadi mitra Anda dalam memaksimalkan potensi pemasaran melalui media sosial untuk kesuksesan bisnis Anda.

Tim kami siap membantu anda. Apakah ada yang ingin ditanyakan?
CS AyudiaAdvertising
Admin
Online
Halo, Ada yang bisa kami bantu?