fbpx

5 Tips Aman Menggunakan Media Sosial

5 Tips Aman Menggunakan Media Sosial

Mengakses media sosial sudah menjadi sebuah kebiasaan masyarakat setiap harinya. Mereka selalu mengecek media sosial mereka sekedar untuk mengetahui informasi terkini ataupun bertkar kabar dengan teman mereka. Namun kemudahan dalam menggunakan media sosial terkadang membuat kita kurang hati-hati dalam menangkap ataupun menyebarkan informasi. Tanpa kita mengetahui dan mengecek kebenarannya kita sudah langsug menyebarkan berita tersebut ke teman terdekat kita, dan kemudian informasi yang belum terkonfirmasi kebenarannya sudah tersebar luas dikalangan masyarakat.
Selain itu kemudahan bersosialisasi melalui media sosial yang terlalu sering jugfa berdampak buruk bagi kesehatan mental kita. Banyak konten-konten negatif yang sering muncul ketika melakukan searching sesuatu di media sosial dan tidak bisa kita hindari.
Untuk menjaga kesehatan mental serta keamanan dalam bermedia sosial, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan ketika kita menggunakan media sosial.
Tips aman dalam menggunakan media sosial :
1. Pilah-pilih konten yang mau dibaca
Semakin hari banyak sekali isu-isu politik yang membuat kita gerah dan resah. Menurut Susanne Babbel, seorang psikoterapis khusus pemulihan trauma, memaparkan otak manusia yang terus menerus “dicekoki” hal-hal buruk dan traumatis tanpa henti (dalam hal ini konten-konten sosmed yang negatif) dapat memperlambat kerjanya untuk mengatasi stres.maka untuk menjamin keamanan dan kenyamanan dalam menggunakan sosial media sebaiknya kita hanya mem-follow akun-akun yang sudah terpercaya, netral dan tidak menabar kebencian.
2. Follow hanya teman dekat dan terpercaya
Berteman dan berhubungan dengan banyak orang di media sosial tentunya adalah hal yang luar biasa, karena kita semakin mempunyai banyak koneksi dan kenalan yang mungkin bisa membantu kita di waktu yang akan datang. Namun kita juga harus berhati-hati dalam memilih pertemanan terutama di dunia maya yang kita tidak bisa melihat orang tersebut secara langsung dan tidak bisa menilai sifat orang tersebut. Sekarang ini banyak terjadi penipuan yang terjadi akibat salah dalam memilih teman didunia maya, banyak juga orang yang menyalah gunakan identitas orang lain demi keuntungannya sendiri.
Oleh karena itu kita harus selektif dalam memilih teman terutama teman di dunia maya. Jangan mudah percaya dengan informasi yang diterima dari orang baru yang belum kita kenal, dan juga jangan mudah memberikan data kita ke orang lain agar kita terhindar dari hal yang tidak kita inginkan.
3. Berhati-hati menyebarkan berita
Tidak adanya batasan dalam bermedia sosial membuat banyak sekali informasi hoax yang beredar dimasyarakat. Semua orang dapat mengakses dan menggunakan sosial media dengan mudah. Pengguna media sosial dengan mudah mengakses dan menyebarkan berita-berita yang mereka dapatkan di media sosial tanpa mengecek terlebih dahulu kebenarannya.
Dengan adanya UU ITE kita harus lebih berhati-hati dalam menyebarkan informasi yang belum terbukti kebenarannya. Agar kita terhindar dari masalah tersebut kita harus benar-benar mengfilter berita-berita yang kita dapatkan dari media sosial, jangan asal menyebarkannya. Kita harus memeriksa terlebih dahulu kebenaran dari berita tersebut.
4. Batasi penggunaan media sosial
Berlama-lama dalam bermain media sosial seperti Instagram, facebook, dan lain sebagainya dapat membuat kita kecanduan. Hal tersebut tidak baik untuk kesehatan mental dan fisik kita. Untuk menghindari hal tersebut kita harus membatasi diri kita sendiri dalam bermain media sosial.
5. Hindari klik link/tautan yang tidak jelas
Ada banyak tautan dengan thumbnail memikat yang tersebar di media sosial dengan sumber yang tidak jelas. Seringkali, tautan tersebut akan mengarahkan kamu untuk mengunduh lampiran yang berujung pada tereksposnya data ponsel atau personal computer kalian ke program malware, yang dirancang untuk merusak dengan menyusup ke dalam sistem komputer. Selain itu, tautan tadi juga dapat mengarahkan kalian untuk mengisi data diri yang bersifat rahasia seperti nomor kartu kredit, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, hindari mengunjungi tautan yang tidak dikenal demi keselamatan diri kalian.

Mulai sekarang kita harus hati-hati dalam menggunakan media sosial, karena kejahatan bisa terjadi dimana-mana dan kapan saja. Bagi kamu pemilik usaha, kamu menggunakan jasa pengelolaan media sosial (seperti Ayudia Advertising) agar usaha yang kamu promosikan melalui media sosial lebih aman dan terhindar dari kejahatan melalui media sosial.

Tim kami siap membantu anda. Apakah ada yang ingin ditanyakan?
CS AyudiaAdvertising
Admin
Online
Halo, Ada yang bisa kami bantu?